Pages

Subscribe:

Labels

Thursday, May 31, 2012

The Software Quality Assurance Architecture

Dalam penjaminan kualitas sebuah perngkat lunak, terdapat banyak komponen-komponen yang harus diperhatikan agar proses penjaminan kualitas perangkat lunak memperoleh hasil yang diinginkan sebelum software tersebut disampaikan kepada klient. Seperti yang telah kita tahu bahwa setiap proses pengerjaan proyek, setiap fase memiliki lama waktu pengerjaan yang berbeda dan membutuhkan biaya yang berbeda pula. Berdasarkan gambar dibawah ini, fase Eksekusi (Execution) membutuhkan waktu paling banyak dan membutuhkan biaya paling besar. Oleh karena itu, perlu memperhatikan beberapa proses supaya waktu dan biaya proyek tidak membengkak dan kualitas yang diharapkan..
Berikut ini adalah gambar tentang Arsitektur Penjaminan Kualitas Software. Dalam Arsitektur Penjaminan Kualitas Software, ada beberapa komponen untuk menentukan kualitas software. Sistem Penjaminan Kualitas Perangkat Lunak dapat diklasifikasikan ke dalam 6 kelas, yaitu :
  1. Pre-Project components : untuk memastikan bahwa perjanjian atau kesepakatan sudah didefinisikan dengan jelas dan sudah mempertimbangkan kebutuhan sumber daya, jadwal, dan anggaran.
  2. Components of project life cycle activities assessment : Sikulus hidup proyek dibagi menjadi dua fase, Fase pengembangan dan fase pengoperasian-pemeliharaan.
  3. Components of infrastructure error prevention and improvement : tujuan utama dari komponen ini adalah untuk menghilangkan atau paling tidak mengurangi tingkat error berdasarkan pengalaman organisasi dalam hal penjaminan kualitas software
  4. Components of software quality Management : dimaksudkan untuk beberapa tujuan, menjadi kontrol dalam proses pengembangan dan kegiatan pemeliharaan dan pengenalan tindakan manajerial support awalyang terutama mencegah atau meminimalkan jadwal, kegagalan anggaran, dan outcome
  5. Componenets of standardization, certification, and SQA system assessment : tujuan dari komponen pemanfaatan pengetahuan profesional internasional, peningkatan koordinasi sistem kualitas organisasi dengan organisasi lain, dan penilaian pencapaian dari kualitas sistem berdasarkan skala umum
  6. Organizing for SQA - the human components : semua sumber daya manusia yang berhubungan dengan penjaminan kualitas software termasuk manajer, personil testing, anggota komite, SQA unit dan praktisi, dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment