Pages

Subscribe:

Labels

Sunday, June 10, 2012

Biaya pada proses penjaminan kualitas software

Dalam menjamin kualitas perangkat lunak, pastinya akan diperlukan biaya. Cost of Software Quality management bertujuan untuk mengukur biaya yang dibutuhkan dalam membuat sebuah software (mengontrol biaya). Cost of software quality dibagi menjadi dua, yaitu Cost of Control dan Cost of Failure of Control.

Cost of control adalah biaya yang dibutuhkan untuk mencegah adanya error dan mendeteksi error. Cost of control dibagi menjadi Prevention cost dan Appraisal cost. Prevention Cost adalah biaya-biaya termasuk biaya investasi untuk infrastruktur kualitas, aktifitas, untuk menjaga kualitas. Sedangkan Appraisal Cost adalah biaya yang dibutuhkan untuk mendeteksi sebuah error pada software.



Cost of Failure of Control adalah biaya yang dikeluarkan karena kesalahan pengontrolan. Cost of Failure of Control dibagi menjadi dua yaitu Internal failure dan external failure. Internal failure cost adalah biaya-biaya termasuk biaya untuk memperbaiki error yang ditemukan saat design review, software test, dan acceptance test yang harus dilengkap sebelum software di deliver ke client. Sedangkan External failure cost adalah biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki error yang ditemukan client setelah software diinstal (complaint dari konsumen).

0 comments:

Post a Comment