Pages

Subscribe:

Labels

Monday, June 11, 2012

Training dan Sertifikasi Staff

Ada sebuah perkataan bahwa mempertahankan staff yang berpengalaman dan handal merupakan kunci untuk mencapai kualitas pada fase pengembangan dan maintenance. Oleh karena itu, kita perlu melakukan training dan sertifikasi untuk staff-staff yang menempati posisi penting (core) dalam suatu organisasi. Untuk lebih jelasnya, tujuan dari training dan sertifikasi staff adalah :
  1. Untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan staf baru yang diperlukan untuk melakukan tugas pengembangan dan pemeliharaan perangkat lunak pada tingkat efisiensi dan efektivitas yang memadai. Seperti pelatihan untuk memfasilitasi integrasi anggota tim baru.
  2. Untuk menjamin kesesuaian dengan standar organisasi untuk produk perangkat lunak (dokumen dan koding) dengan mengirimkan style dan struktur prosedur bersamaan dengan instruksi kerja.
  3. Untuk memperbarui pengetahuan dan keterampilan staf lama dalam menanggapi perkembangan organisasi, dan untuk menjamin efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas serta kesesuaian dengan budaya organisasi, struktur, prosedur dan instruksi kerja.
  4. Untuk menyampaikan pengetahuan seputar prosedur penjaminan kualitas software
  5. Untuk memastikan bahwa kandidat untuk posisi kunci dalam hal pengembangan dan pemeliharaan software benar-benar berkualifikasi.
Pengimplementasian training dan sertifikasi staff yang sukses perlu memperhatikan aktivitas berikut yang harus dilaksanakan secara sistematis :
  1. Tentukan persyaratan pengetahuan profesional untuk setiap posisi
  2. Tentukan pelatihan profesional dan memperbarui kebutuhan
  3. Merencanakan program pelatihan profesional
  4. Merencanakan program memperbarui profesional
  5. Tentukan posisi yang memerlukan sertifikasi
  6. Rencana proses sertifikasi 
  7. Memberikan pelatihan, memperbarui dan sertifikasi program
  8. Lakukan tindak lanjut dari staf yang terlatih dan bersertifikat.

0 comments:

Post a Comment