Pages

Subscribe:

Labels

Friday, June 1, 2012

Merencanakan Proses Pengembangan Software dan Penjaminan Kulitasnya

Perencanaan, sebagai sebuah proses, pastinya mempunyai beberapa tujuan yang masing-masing tujuan tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan fondasi atau dasar yang kokoh untuk melakukan kegiatan berikut ini :
a.    Menjadwalkan aktivitas pengembangan proyek agar berjalan sesuai dengan waktu dan budget yang ditentukan
b.    Merekrut sumber daya manusia yang handal dan menempatkannya sesuai dengan jobdesc masing-masing
c.    Menyelesaikan masalah resiko yang terjadi dalam proses pengembangan
d.    Mengimplementasikan aktivitas penjaminan kualitas software yang diperlukan
e.    Menyediakan data-data yang dibutuhkan manajemen untuk mengontrol proyek




Perencanaan pengembangan software memiliki beberapa elemen. Berikut ini adalah elemen-elemen perencanaan pengembangan proyek yang disesuaikan dengan masing-masing komponen proyek ;
a.    Project Products
Perencanaan pengembangan untuk komponen ini termasuk membuat desain dokumen (tentang tanggal penyelesaian proyek, kapan produk harus diserahkan kepada klien), merencanakan seperti apa produk yang akan dibuat, dan merencanakan proses training.
b.    Project Interfaces
Untuk antar muka proyek meliputi merancang antar muka dengan paket-paket software atau hardware yang sudah ada sekarang, juga antar muka antara tim pengembang lain yang bekerja dalam sistem yang sama.
c.    Project methodology and development tools
Merencanakan metodologi dan alat-alat apa yang diperlukan selama proses pengembangan software
d.    Software development standard and procedures
Daftar prosedur atau tata cara pengembangan software harus sudah didefinisikan supaya proses pengerjaan proyek dapat terarah dan mudah dimonitoring
e.    The mapping of the development process
Elemen ini merencanakan tentang memetakan proses pengembangan terkait dengan menyediakan definisi yang detail untuk masing-masing fase proyek dan mendifinisikan input dan output proyek tersebut.
f.    Project milestones
Merencanakan proses mana yang ditetapkan sebagai milestone (proses penting yang harus diselesaikan untuk dapat memulai proses lain)
g.    Project staff organization
Membuat rencana struktur organisasi, siapa yang akan menjadi team leader, berapa sumber daya manusia yang dibutuhkan, dan menentukan posisi yang sesuai dengan skill masing-masing anggota tim.
h.    Development facilities
Merencanakan fasilitas pengembangan apa saja yang dibutuhkan termasuk hardware, software, ruang kerja, alat-alat pengembangan, dan lainnya.
i.    Development risks
Setiap mengerjakan suatu proyek, pasti selalu ada risiko yang menyertai. Tim proyek harus dapat memprediksikan risiko apa yang akan muncul nantin ya, bagaimana cara menanggulangi risiko yang akan muncul, dan mengestimasi budget yang kira-kira perlu dikeluarkan untuk menanggulangi risiko tersebut.
j.    Control methods
Pihak manajemen harus dapat membuat rencana bagaimana caranya proyek tersebut terus dimonitoring dan dikontrol.
k.    Project cost estimation
Merencanakan budget dapat ditinjau dari dana yang sudah diajukan sebelumnya di proposal, lalu direview kembali dan dinegosiasikan dengan pihak-pihak lain yang terkait.

Perencanaan penjaminan kualitas software memiliki beberapa elemen. Berikut ini adalah elemen-elemen perencanaan penujaminan kualitas proyek yang dapat disesuaikan dengan jenis proyek yang akan dikerjakan:
a.    Quality goals
b.    Planned review activities
c.    Planned software tests
d.    Planned acceptance test for externally developed software
e.    Configuration management

0 comments:

Post a Comment